Sunday, September 2, 2012

Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org Solusi Mudah Bersedekah.


 

Saling membantu dan memberi adalah budaya ketimuran yang selama ini mengakar di indonesia.  Semakin lama semakin banyak warga Indonesia yang saling membantu dengan cara beramal. Bisa di buktikan dengan data yang saya dapat dari LembagaZakat Dompet Dhuafa pada tahun 2011 jumlah dana tercatat sebesar Rp 70,144,397,833 dan pada tahun 2012 sampai dengan bulan September 2012 tercatat dana yang terkumpul sebesar Rp 74.274.449.574,36 begitu banyak dana yang terkumpul,namun jumlah yang diberikan dan jumlah yang membutuhkan masih jauh dari kata cukup. 

Saya mendapat data dari web bps.go.id kurang lebih demikian :  

Jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan) di Indonesia pada September 2011 mencapai 29,89 juta orang (12,36 persen), turun 0,13 juta orang (0,13 persen) dibandingkan dengan penduduk miskin pada Maret 2011 yang sebesar 30,02 juta orang (12,49 persen).

Selama periode Maret 2011-September 2011, penduduk miskin di daerah perkotaan berkurang 0,09 juta orang (dari 11,05 juta orang pada Maret 2011 menjadi 10,95 juta orang pada September 2011), sementara di daerah perdesaan berkurang 0,04 juta orang (dari 18,97 juta orang pada Maret 2011 menjadi 18,94 juta orang pada September 2011).
  

Walaupun sudah cukup berkurang, namun jumlah yang ada masih begitu banyak mengingat pertumbuhan penduduk pada tahun ini semakin tinggi, Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk kawan kita yang belum mendapatkan haknya?

Mudah sedekah secara onlinedengan Marimembantu.org , dengan membantu kawan kita melalui Lembaga Zakat Dompet Dhuafa kita bisa membantu kawan kita tanpa perlu repot terjun langsung ke lapangan. Seperti yang kita ketahui, semakin lama semakin mudah saja teknologi informasi di indonesia tercinta ini, melalui Teknologi Informatika jarak antara dunia semakin datar kita tidak perlu lagi pusing berbelanja, mencari berita, bahkan beramal. Melalui  Lembaga Zakat Dompet Dhuafa kita tidak kehilangan waktu kita yang sangat berharga, tidak perlu bersusah ria, tidak perlu berpanas-panasan, cukup dengan membuka akses internet di komputer anda, lalu menuju ke http://marimembantu.org . Pilih siapa yang ingin anda bantu kirim nominalnya, mudah kan?

Secara terminologi, INFAK dan SEDEKAH mengandung pengertian mengeluarkan harta untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam diluar zakat. Infak hanya ditunjukkan pada hal-hal yang bersifat material seperti uang atau benda-benda lain yang berharga dan bermanfaat. 

Sedangkan sedekah bisa bersifat materi maupun non materi. Secara umum Islam menghendaki umatnya untuk menyuburkan infak dan sedekah, antara lain melalui ayat Al-Qur’an dan hadits sebagai berikut:
”….yaitu orang yang berinfak baik diwaktu lapang maupun sempit”.(Qs Al-Imran:134).

”Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (Al-Qur’an) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rejeki yang kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi”. (Qs 35:29).

”Setiap ruas jari-jari yang pada manusia itu bisa memberikan sedekah pada setiap hari yang diterbiti matahari. Berbuat adil diantara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Setiap langkah yang diayunkan untuk pergi shalat adalah sedekah. Dan menyingkirkan sesuatu yang dapat mengganggu dijalan adalah sedekah.” (HR Bukhori dan Muslim).

Para jumhur mufasir dan ulama kontemporer juga menyepakati suatu kondisi sosial yang mewajibkan orang untuk peduli. Pada banyak riwayat dikatakan bahwa infak dan sedekah bukan mengurangi harta, bahkan sebaliknya, menjadi banyak dan berkah. Dalam hal lain juga disampaikan bahwa infak dan sedekat dapat menghindarkan orang dari bala dan kesempitan.

Nah , Mudah sedekah secara online denganMarimembantu.org . bukan? Lalu, tunggu apalagi? Sedikit bantuan dari kita, merubah hidup mereka.

sebuah contoh pengumpulan dana untuk orang yang memiliki gangguan jiwa pada  Lembaga Zakat Dompet Dhuafa Tangerang. Gangguan jiwa banyak diderita oleh saudara kita. Sesungguhnya mereka bisa disembuhkan dengan terapi yang layak dan tepat. Ayo Bantu Penderita Gangguan Jiwa Terlantar dengan Lembaga Zakat Dompet Dhuafa


Gangguan jiwa banyak diderita saudara kita. 3 % dari total penduduk indonesia mengalami gangguan jiwa akut (Depkes, 2007). Sebagian besar mereka hidup terlantar dijalan dan menjadi gelandangan. Sesungguhnya mereka bisa disembuhkan dengan pengobatan, terapi yang layak dan tepat. Lembaga Zakat Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Yayasan Keris Nangtung mengajak masyarakat untuk mendukung program penanggulangan penderita gangguan jiwa. untuk membantu saudara kita, anda bisa langsung menuju ke Lembaga Zakat Dompet Dhuafa, Mudah sedekah secara online denganMarimembantu.org.

Tahukah Anda seberapa pentingnya tolong-menolong dan saling membantu dalam kehidupan itu? Ada banyak alasan kenapa saling membantu itu sangat penting. Misalnya :
 
  1. Kewajiban kita sebagai umat beragamaDi dalam agama kita pasti juga diajarkan tentang pentingnya saling membantu bukan? Ini juga merupakan salah satu alasan pentingnya saling membantu di antara manusia.
  2. Memupuk persaudaraan
    Dengan saling membantu, tali persaudaraan akan semakin kuat dan banyak.
  3. Membuat orang lain bahagiaKetika kita menolong orang lain, tanpa kita sadari kita membuat mereka tersenyum bahagia. Itu semua disebabkan tindakan kita yang dapat meringankan beban yang mereka pikul.
  4. Meringankan beban
    Dengan saling membantu, kita akan meringankan beban yang dimiliki oleh orangyang kesulitan . Kesulitan yang mereka hadapi akan berkurang dengan sedikt bantuan kita.

Semua bisa kita "ubah" dengan tindakan kita, yang tidak bisa kita "ubah" adalah "perubahan" itu sendiri. Dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menentukan kemana arah perubahan itu. 
mulai bersedekah sekarang, untuk Indonesia yang lebih baik kelak.

3 comments:

  1. kawan, mari ketuk hati kita untuk berbagi pada sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, bener banget tuh gan... orang gila juga manusia dan harus dapat perilaku yang manusia jg.
      maanfaat banget nih reviewnya,,, makasi gan infonya.

      Delete
    2. ia nih, kadang banyak orang gila yang diperlakuakn seperti bukan manusia, padahal mereka juga manusia, hanya sedang melewati perjalanan ujian yang panjang. gila itu bisa disembuhkan kok. asal penangannannya tepat.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...