Friday, December 2, 2011

Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Terhadap Iran

sumber - Uni Eropa menjatuhkan sanksi pada Iran, menyusul kecaman mereka atas penyerangan Kedutaan Besar Inggris di sana. Empat negara anggota UE bahkan telah menarik Duta Besar mereka dari Teheran.

Menurut juru bicara kepala kebijakan luar negeri UE Maja Kocijancic seperti dimuat CNN pada Kamis 1 Desember 2011, sanksi akan diberlakukan bagi 143 perusahaan dan 37 individual Iran. Selain itu, dalam pertemuan tingkat menteri luar negeri UE yang diadakan di Bruxelles kemarin, UE telah setuju memberlakukan hal yang sama pada sektor energi, transportasi, dan keuangan Iran.

Sebelumnya, Italia, Prancis, Jerman, dan Belanda menyatakan telah menarik duta besar mereka pada Rabu lalu. Italia mengungkapkan konsultasi ulang sebagai alasan penarikan dubes, dan hal ini telah disetujui anggota UE lainnya.

Gedung Putih menyambut baik kabar ini. Di mata mereka, penyerangan Kedubes Inggris mencerminkan lemahnya kepatuhan Iran terhadap peraturan internasional.

Setelah diserang oleh sejumlah demonstran yang menuntut Duta Besar Inggris kembali ke negaranya pada awal minggu ini, Kedubes Inggris akhirnya ditutup. Demi keselamatan, para staf kedubes diberi waktu 48 jam untuk meninggalkan Teheran. (umi)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...