Thursday, December 1, 2011

Konsumsi Ikan Cegah Pikun, Asal ...



sumber - Sebuah studi di Amerika mengungkap bahwa mereka yang menyantap ikan sedikitnya sekali seminggu memiliki risiko tiga hingga lima kali lebih rendah mengembangkan gangguan memori atau Alzheimer. 

Namun, tak semua ikan memberi manfaat. Hanya ikan yang melalui proses pengolahan dengan panggang atau bakar yang terbukti menutrisi otak. 

Memanggang atau membakar dianggap sebagai cara pengolahan ikan terbaik yang mampu mempertahankan kandungan omega 3 secara maksimal. Ini penting karena omega 3 menjadi senyawa kunci yang akan melancarkan aliran darah ke otak, mencegah peradangan, dan mencegah munculnya plak pemicu Alzheimer. 

Sangat tidak disarankan mengonsumsi ikan goreng. Pengolahan ikan dengan minyak panas ini potensial melenyapkan kandungan omega 3. Artinya, menyantap ikan goreng tak akan mendapat manfaat maksimal untuk menutrisi otak. 

Kesimpulan tersebut merupakan hasil penelitian Universitas Pittsburgh, yang melibatkan 260 sukarelawan sehat berusia rata-rata 76 tahun.

Dalam penelitian yang dipresentasikan di pertemuan tahunan Radiology Society of North America itu, para sukarelawan diminta menjawab kuesioner seputar kebiasaan menyantap ikan selama 10 tahun terakhir. 

Hasil pemindaian otak menunjukkan, mereka yang tidak memiliki kebiasaan menyantap ikan secara berkala mengalami penyusutan di area otak yang berhubungan dengan fungsi memori. 

Dr Cyrus A Raji, yang memimpin studi, mengatakan, selain cara pengolahan, penelitian lebih lanjut juga menemukan jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 paling tinggi, yakni salmon. "Sementara suplemen omega 3 tak memberi perlindungan sebaik ketika menyantap ikan segar," ujarnya, seperti dikutip Telegraph. 

Dr Simon Ridley, kepala penelitian di Pusat Penelitian Alzheimer Inggris, sepakat bahwa konsumsi ikan dapat mengurangi risiko penurunan kemampuan kognitif. Namun, ia mengingatkan bahwa manfaat yang dirasa akan berbeda pada setiap orang, karena masih ada faktor lain yang memengaruhi memori.  
.
"Penelitian ini tidak memperhitungkan faktor-faktor gaya hidup seperti makanan lain atau olahraga. Cara terbaik untuk mencegah gangguan memori adalah makan makanan sehat, termasuk buah dan sayuran, dan diimbangi dengan olahraga teratur dan berhenti merokok."

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...